Rekomendasi Makanan Khas Riau Yang Paling Enak

Riau adalah salah satu provinsi di Sumatera yang letaknya cukup strategis. Provinsi ini menjadi salah satu tempat wisata favorit karena keunikan budaya dan pastinya makanan kuliner khasnya. Jika kami sedang berlibur ke Riau, jangan lupa untuk mencicipi makanan Khasnya yang enggak kalah enak. Berikut adalah makanan khas Riau yang paling enak dan wajib kami coba.

1. Lakse Kuah
Makanan khas Riau ini Kuahnya terbuat dari campuran ketumbar, adas manis, dan beragam rempah lainnya. Meski menyerupai mi, bahan dasar mi terbuat dari tepung sagu. Lakse Kuah ini semakin nikmat jika dinikmati dengan olahan ikan laut segar, ikan tongol, atau ikan teri yang sudah ditumbuk halus.

2. Gulai Cipuik
Makanan khas Riau ini cukup menarik karena terbuat dari siput atau cipuik. Makanan gulai ini jadi salah satu yang sering dicari. Bahan dasar siput yang digunakan tentu sudah dibersihkan terlebih dahulu. Proses pengolahannya juga dilakukan dengan baik sehingga tekstur dan kombinasi rasanya terasa pas. Untuk tekstur kenyalnya menjadi sensasi tersendiri saat kamu menikmati makanan Gulai Cipuik ini.

3. Mie Tarempa
Mie Tarempa merupakan salah satu makanan khas Riau yang berupa mie kuning yang dicampur dengan telur, udang, tauge, dan diberi bumbu cabe rawit serta kecap ini benar-benar menggugah selera. Mie Tarempa ini biasanya dihidangkan dengan cara diolah kuas atau digoreng. Buat yang suka banget dengan mi, wajib banget cobain makanan satu ini.

4. Ikan Selais Asap
Ikan Selais Asap Merupakan makanan dari olahan ikan yang dimasak melalui proses pengasapan dengan tahan lama. Proses pengasapan ikan ini telah melalui waktu pengolahan selama delapan jam. Enggak heran jika tekstur ikannya sangat renyah jika disantap. Agar lebih nikmat lagi, kamu bisa mencicipinya dengan campuran nasi hangat.