Rekomendasi Jenis Bisnis Jasa Pariwisata Yang Paling Potensial

gambar tersebut menyebutkan jenis bisnis jasa pariwisata potensial gambar tersebut menyebutkan jenis bisnis jasa pariwisata potensial

Rekomendasi Jenis Bisnis Jasa Pariwisata Yang Paling Potensial

Kini, bisnis jasa pariwisata menjadi jenis usaha yang paling potensial di Indonesia. Memang, Indonesia dikenal akan keragaman tempat liburan yang menjadi jujukan wisatawan domestik dan asing. Maka tak heran jika bisnis ini sangat menjanjikan untuk dikelola.

Memang, sektor pariwisata sempat mengalami penurunan pendapatan karena terdampak oleh pandemi virus corona. Dan kini, sektor pariwisata pun kembali bergairah dan banyak wisatawan kembali mengunjungi tempat-tempat berlibur.

Mengingat potensi pariwisata kembali bergairah, maka Anda dapat memilih jenis usaha yang berkaitan dengan tempat wisata. Ada banyak jenis usaha pariwisata yang memiliki potensi keuntungan sangat besar.

Hal ini disebabkan karena geliat para wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu tempat wisata. Namun sebelum memulai usaha, maka ketahui jenis bisnis apa yang memiliki potensi keuntungan maksimal di sektor pariwisata.

Daftar Jenis Bisnis Jasa Pariwisata yang Cocok untuk Dikelola di Era New Normal

Bagi Anda yang tinggal di dekat tempat wisata, maka ketahui jenis bisnis apa yang cocok dan menghasilkan potensi keuntungan besar. Sebab, kesalahan pemilihan jenis bisnis dapat membuat Anda mengalami kerugian.

Dengan begitu, maka Anda dapat meminimalisir resiko kerugian di masa new normal. Maka dari itu, ini dia rekomendasi jenis bisnis jasa pariwisata yang cocok untuk para pelaku usaha pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Rental atau Jasa Sewa Transportasi

Rental atau jasa sewa moda transportasi menjadi salah satu usaha yang selalu tersedia di tempat wisata. Tujuannya untuk memudahkan mobilisasi para wisatawan yang menggunakan angkutan umum menuju ke tempat wisata.

Bisnis ini dirasa sangat menguntungkan. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan moda transportasi seperti sepeda motor maupun mobil untuk disewa wisatawan. Sehingga, keuntungan yang didapatkan oleh pelaku usaha bisa mencapai puluhan juta dalam satu bulan.

  1. Sewa Penginapan

Sewa penginapan juga menjadi bisnis jasa pariwisata yang sangat potensial. Memang, bisnis penginapan ini sempat mengalami penurunan tajam. Pasalnya, beberapa tempat wisata di Indonesia sempat ditutup untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Kini, beberapa tempat wisata di Indonesia telah dibuka untuk umum. Sehingga, Anda bisa kembali mengoperasikan bisnis sewa penginapan. Tentunya, bisnis ini sangat potensial karena para wisatawan ingin merasakan sensasi menginap di lokasi wisata.

  1. Jasa Pemandu Wisata

Dan jenis bisnis potensial selanjutnya ada jasa pemandu wisata. Tugas dari pemandu wisata ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengantarkan para wisatawan ke spot wisata tersembunyi dari tempat tersebut. Bisnis ini dirasa sangat menguntungkan, terlebih di musim liburan.

Panduan Cara Mengelola Bisnis Jasa Pariwisata di Era New Normal

Mengelola usaha pariwisata ini bukan perkara mudah. Pasalnya, beberapa pelaku usaha mengalami kegagalan dalam mengelola bisnis pariwisata karena tidak mengetahui strateginya. Alhasil, seseorang harus menanggung kerugian cukup besar karena modal usaha yang tidak kembali.

Untuk menghindari kerugian dalam mengelola bisnis pariwisata, maka pelajari semua strategi dalam memulai hingga mengelola bisnis pariwisata di era new normal. Strategi yang pertama, Anda harus memilih jenis bisnis apa yang cocok untuk tempat wisata sekitar.

Sebab, tidak semua bidang bisnis jasa pariwisata ini dapat diterapkan di lokasi wisata. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu agar usaha yang Anda kelola dapat berkembang pesat. Strategi yang kedua, pilih jenis bisnis yang tidak memiliki kompetitor kuat.

Memang, di area tempat wisata terdapat beberapa jenis bidang bisnis yang dikelola oleh kompetitor. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih jenis bisnis pariwisata yang tidak memiliki kompetitor kuat. Dengan begitu, maka usaha yang Anda kelola dapat berkembang pesat.

Strategi yang ketiga, jangan pernah menyerah dalam mengelola bisnis jasa pariwisata. Sebab, tidak mudah untuk mengelola bisnis tersebut. Untuk itu, butuh ketekunan, keuletan, dan berpikir kreatif agar usaha tersebut bisa berkembang pesat.

Strategi yang keempat, Anda dapat bekerja sama dengan pihak tertentu untuk mengembangkan bisnis. Akan tetapi, tentukan prosedur kerja sama dengan partner bisnis agar kedua belah pihak sama-sama mendapat keuntungan untuk mengelola usaha jasa pariwisata.

Semenjak diberlakukannya new normal, usaha pariwisata semakin menggeliat karena banyaknya wisatawan yang berkunjung. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan strategi dan jenis bisnis jasa pariwisata apa yang dirasa menjanjikan keuntungan besar.