Informasi Dasar Kehamilan yang Wajib Diketahui

Ilustrasi suami dengan istri yang sedang hamil Ilustrasi suami dengan istri yang sedang hamil

Kehamilan adalah perkembangan pada janin di dalam rahim. Kehamilan dapat terjadi ketika sperma berhasil membuahi sel telur yang sudah dilepaskan dari ovarium. Telur yang sudah dibuahi akan bergerak menuju rahim dan masa kehamilan pun terjadi. Biasanya proses kehamilan ini memakan waktu hingga 9 bulan atau 40 minggu dengan waktu yang dihitung dari periode terakhir menstruasi. Dalam proses kehamilan ini dibagi menjadi 3 fase seperti :

1. Trimester pertama (1-12 Minggu)

Dilihat secara fisik, selama fase ini belum terlihat perubahan yang signifikan pada ibu hamil. Perubahan besar yang terjadi ada dalam tubuh ibu hamil seperti meningkatnya kadar hormon. Pada fase ini, janin juga akan mengembangkan seluruh organnya pada minggu ke 12. Di masa ini juga ibu hamil dianjurkan membiasakan pola makan sehat dan banyak mengkonsumsi asam folat untuk mencegah terjadinya cacat pada anak. Gejala morning sickness juga terjadi pada masa ini Resiko keguguran pada masa ini juga sangat tinggi. Maka dari itu ibu hamil dianjurkan untuk selalu menjaga kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter tentang perkembangan janin di masa awal kehamilan.

2. Trimester kedua (13-28 Minggu)

Di fase kedua ini adalah fase paling nyaman bagi ibu hamil. Gejala morning sickness mulai menghilang dan kondisi fisik pada perut akan semakin membesar. Memang gejala mual yang dirasakan akan menghilang, tetapi akan ada keluhan lain yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil pada masa ini yaitu kaku kram, nyeri pada ulu hati, nafsu makan yang meningkat, hingga sakit pada bagian punggung. Di masa ini juga, ibu hamil sudah bisa merasakan pergerakan yang dilakukan oleh janin didalam perut. Tes screening janin juga biasanya dilakukan di fase ini seperti pengecekan denyut jantung, bahkan prediksi kelamin si calon buah hati.

3. Trimester ketiga (29-40 Minggu)

Pada trimester ketiga ini perkembangan janin akan semakin signifikan. Pada masa ini janin sudah bisa menggerakan mata dan menghisap jempolnya di dalam tubuh ibu. Sering melakukan pergerakan menendang dan merenggangkan badan. Pertubuhan otak juga terjadi pada masa ini. Pada fase ini juga, ibu hamil disarankan untuk sering melakukan pemeriksaan seperti tes darah, memantau detak jantung janin untuk mempersiapkan kelahiran.

Tanda Kehamilan

Biasanya pada saat hamil ada beberapa gejala yang dirasakan seperti :

  • Tidak menstruasi, Jika kamu mengalami keterlambatan menstruasi, hal ini merupakan tanda utama mengidentifikasi terjadinya kehamilan.
  • Sakit kepala, biasanya setelah mengalami keterlambatan menstruasi dengan dibarengi oleh sakit kepala atau pusing juga menjadi tanda kehamilan.
  • Flek darah, akan terjadi pada sebagian ibu hamil yang mengeluarkan flek darah sebagai proses dari implantasi.
  • Kenaikan berat badan, pada fase pertama belum terjadi penambahan berat badan. Terjadinya kenaikan berat badan yang sangat signifikan akan terjadi pada trimester kedua dimana nafsu makan pada fase ini juga meningkat.  
  • Perubahan hormon dan Perubahan payudara, pada masa ini perubahan payudara juga berubah menjadi lebih padat.
  • Gampang mual, biasa terjadi pada saat morning sickness yaitu di tahap awal kehamilan.

Perawatan selama kehamilan

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  2. Banyak mengkonsumsi vitamin agar kekebalan tubuh tetap terjaga
  3. Banyak minum air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi
  4. Hindari makanan mentah
  5. angan merokok dan minum alkohol selama masa kehamilan
  6. Sering berolahraga ringan
  7. Istirahat yang cukup
  8. Kelola stress dengan baik

Komplikasi kehamilan

Selama masa kehamilan dianjurkan untuk melakukan cek kesehatan secara berkala. Karena ada beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai selama masa kehamilan yaitu :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Diabetes
  3. Depresi
  4. Keguguran
  5.  Kematian janin didalam kandungan

Jadi, untuk para ibu hamil untuk selalu menjaga dan waspada akan hal-hal yang dapat mengganggu proses selama kehamilan. Kelola stress agar tidak terpengaruh pada pertumbuhan janin di dalam rahim. Banyak mengkonsumsi vitamin agar perkembangan janin terus meningkat sampai proses kelahiran. Dan juga bunda harus menjaga asupan yang sehat supaya bayi yang bunda kandung akan selalu sehat terus, perhatikan pola istirahat dan jangan mudah stress ya bunda karena kalau bunda stress pasti bayi dalam kandungan juga ikut stress. Semoga Bermanfaat!