3 Kuliner Khas Tanah Bumbu Yang Ngingetin Kamu Sama Masakan Ibu

Kalau kamu lagi di Kalimantan Selatan, jangan lupa mampir ke Tanah Bumbu ya, karena kulinernya unik dan enak juga loh rasanya! Hidangan yang ada disana ga cuma makanan berat aja, tapi ada juga makanan ringan. Jadi jangan khawatir kalo kamu butuh oleh oleh juga buat yang di rumah.

Ini dia 3 kuliner khas tanah bumbu paling enak, dan bisa ngingetin kamu sama masakan ibu.

1. Kue Ipau

Ini dia lasagna tradisional khas Indonesia. Makanan ini juga bisa disebut sebagai wadai ipau. Kamu bisa membuatnya dengan mudah hanya dengan mengolah bahan bahan dasar seperti wortel, bawang putih, bubuk kari, bawang merah, telur, serta tepung. Beberapa bahan tambahan yang mungkin bisa kamu pakai juga adalah daging ayam, dijamin Kue Ipau buatan kamu akan semakin lezat.

Populer karena tampilannya yang unik, makanan ini juga sangat menggugah selera. Dijamin bikin ngiler semua orang yang ngeliatnya, atau sekedar nyium aroma nya. Aroma yang mungkin saja dicium adalah aroma khas dari saus kue ipau ini, dimana saus nya dapat dibuat dengan campuran garam, santan, serta gula. Saus juga ditambahkan dengan maizena sehingga teksturnya terasa lebih kental. Saus berwarna putih ini disiram di atas Kue Ipau kemudian dihiasi dengan potongan daun bawang, daun seledri, atau bawang goreng.

2. Bingka Sarang Semut

Beberapa orang sudah tidak asing dengan masakan ini, karena beberapa Ibu membuatnya sendiri di rumah. Makanan ini unik, hampir mirip dengan kue brownies karna memiliki warna yang sama yaitu cokelat gelap juga rasa yang manis. Jadi buat kamu yang suka manis, makanan ini cocok banget buat kamu!

Tampilan yang mirip dengan sarang semut hanya bisa dilihat ketika sudah dipotong. Meski begitu, makanan ini tetap terlihat lezat dan menggiurkan. Terbuat dengan campuran telur, gula pasir, tepung tapioca, tepung terigu, margarin, dan beberapa bahan lainnya. Makanan ini juga memiliki sedikit rasa karamel yang mungkin berasal dari olahan air dan gula.

3. Rabuk Ikan

Ini adalah makanan khas Tanah Bumbu yang ketiga. Rabuk Ikan berarti Abon Ikan yang sudah jelas menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Ikan yang biasa digunakan adalah tenggiri dan haruan. Selain dengan nasi hangat, makanan ini juga enak loh kalau mau dimakan langsung tanpa tambahan apapun. Rabuk Ikan sudah memiliki rasa yang lezat dan gurih, dengan cita rasa ikan yang kuat dan tentunya tidak amis. Makanan ini memang benar benar menggugal selera, terutama buat kamu yang ga suka ribet ribet. Karena Rabuk Ikan sangat praktis, makanan ini mungkin bisa jadi lauk untuk sahur saat bulan Ramadhan, jadi ga perlu repot mikirin mau sahur pakai apa.

Setelah mengetahui 3 makanan khas Tanah Bumbu, apa ada makanan yang ngingetin kamu sama masakan ibu? Tenang aja, kamu hanya perlu beli makanan makanan ini, dijamin ga kalah enak sama masakan ibu di rumah.